Pelatihan Kader P2MBG

Pagejugan-26 Nopember 2019 Pelaksanaan Pelatihan Kader P2MBG (Program Terpadu Pemberdayaan Masyarakat yang Berspektif Gender). Acara tersebut dari 3 desa digabung menjadi 1 yang bertempat di balai desa pagejugan dihadiri  dari berbagai Narasumber dari dinas-dinas tertentu yakni Bpk. Agus ,SH  Narasumber dari dinas lingkungan hidup; Bpk.Lukman dari Badan Narkotika Nasional; Ibu. Eni dari pokja 3 kecamatan brebes; Ibu.Eni Setiana dari DP3KB,Kepala Desa Pagejugan beserta perangkatnya serta tokoh masyarakat desa pagejugan;pasarbatang;kedunguter

galeri p2mbg (3)

Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa telah di paparkan berbagai materi dari berbagai narasumber seperti halnya yang disampaikan oleh Ibu Eni dari pokja 3 menjelaskan tentang khasiat dan kegunaan tanaman untuk keluarga salah satunya tanaman toga contohnya tanaman obat-obatan seperti kunyit,jahe,temulawak,serai dan masih banyak lainnya . “Tanaman toga memiliki banyak manfaat dan khasiat selain sebagai bahan rempah-rempah untuk memasak tetapi juga untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti darah tinggi,diabetes,kolesterol dan masih banyak khasiat lainnya”.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat mengimplementasikannya sehingga dapat terwujudnya SDM yang berkualitas.

Pertemuan Loka Karya Mini Kampung KB Desa Pagejugan

Pagejugan-22 Nopember 2019 Telah dilaksanakan pertemuan loka karya mini kampung KB yang bertempat di rumah ibu Rusmiatun di RW 02 ,dengan dihadiri oleh Ketua kampung KB Bpk.Maslikin selaku Narasumber,Bu Yani selaku koordinator kampung KB,Ketua RT/RW serta Anggota kampung KB .

Dalam rangka mengembangkan kampung KB yang ada di desa pagejugan khususnya RW 02 salah satunya kegiatan ini , telah disampikan beberapa materi oleh narasumber yakni penguatan integrasi dengan program lintas sektor kampung KB guna terwujudnya kualitas SDM.

Program kampung KB tidak hanya mengandalkan partisipasi masyarakat tetapi juga harus didukung oleh semua pihak dan ini adalah program lintas sektoral.

galeri kampung kb (2)

“Dengan adanya lintas sektoral  diperlukan koordinasi dan sinergitas agar program kampung KB ini berjalan dengan lancar sesuai harapan ” Kata Maslikin selaku Narasumber.

 

Sosialisasi SIPBM Desa Pagejugan

Dalam rangka sensus SIPBM (Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat) Telah dilaksanakan sosialisasi dengan dihadiri oleh kepala desa pagejugan beserta perangkatnya,BPD,Narasumber,PCL SIPBM beserta tokoh masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut guna mensejahterakan desa pagejugan dengan melalui  sensus visit home berbasis android sesuai dengan kondisi responden.

galeri musdes sipbm (2)

Tujuan dilaksanaan pendataan SIPBM yakni dapat meminimalisir data agar tepat sasaran sehingga dapat diketahui siapa-siapa warga yang berhak mendapatkan bantuan dari berbagai program pemerintah.

Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Pengolahan Ikan Lele (Nugget Lele) dan Bawang goreng

Pagejugan-07 Nopember 2019 Dalam rangka mensejahterakan desa pagejugan Dinparbudpora menggelar pertemuan kelompok pemuda di Aula balai desa pagejugan untuk megikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan dalam mengelola ikan lele menjadi nugget yang menjadi salah satu menu yang banyak di minati oleh masyarakat serta pembuatan dan pemasaran bawang goreng renyah dengan Narasumber Faozan Syafrudien S.Pi. Cs Kawan-kawan.

galeri kewirausahaan 1

galeri kewirausahaan 2

galeri kewirausahaan 3

 

Dengan melihat potensi yang ada di desa maka dengan cara ini dapat meningkatkan /menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan pengolahan yang benar serta packaging yang menarik maka dapat meningkatkan harga jual komoditas barang yang di pasarkan.

 

Senam Sehat Desa Pagejugan

Kegiatan Senam sehat telah di laksanakan setiap seminggu sekali yakni setiap hari sabtu bertempat di halaman balai desa pagejugan dengan instruktur yang bersertifikat dan lihai dan diikuti oleh seluruh masyarakat umum dengan kebanyakan para kaum wanita.

gakeri senam 3

 

Dengan semangatnya peserta senam mengikuti gerakan dari instruktur, Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

Pelaksanaan BELKAGA ke III Tahun 2019

Pagejugan-24 Oktober 2019 Telah dilaksanakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA ) serentak yang bertempat di 7 pos Desa Pagejugan Dengan didampingi oleh beberapa Bidan Desa dan dari Puskesmas Brebes Serta Para Kader posyandu.

Dengan Kegiatan BELKAGA yang di laksanakan setiap 5 tahun sekali di harapkan seluruh masyarakat usia 2-70 Tahun meminum obat cacing dan obat pencegah penyakit kaki gajah terkecuali Bumil dan Lansia yang menderita penyakit kronis.

galeri Belkaga 2   galeri Belkaga 4

galeri Belkaga3

 

BELKAGA serentak bertujuan agar masyarakat menjadi sehat serta dapat mensejahterakan kehidupannya.