Pertemuan Pokja Kampung KB Tahap II Di RW 02 Desa Pagejugan

Pagejugan-19 Juli 2019, Pertemuan Pokja Kampung KB dihadiri  oleh koordinator kampung KB;Bu Tati, Narasumber;Maslikin selaku Perangkat Desa Pagejugan, Bidan Desa,Bidan dari puskesmas Brebes , Ketua RW dan RT setempat serta para kader posyandu.

Dalam pertemuan tersebut membahas beberapa materi yakni: Kampung KB sebagai upaya perwujudan keluarga berkualitas,Tugas dan mekanisme kegiatan pokja kampung KB. Pembahasan materi pertama oleh bpk Maslikin sebagai Narasumber; beliau mendeskripsikan pengertian dari keluarga,ketahanan keluarga,pembangunan ketahanan keluarga(PETAHAGA) dan penerapan 8 fungsi keluarga sebagai perwujudan menuju keluarga berkualitas yaitu fungsi agama,fungsi sosial budaya,fungsi cinta dan kasih sayang,fungsi perlindungan,fungsi reproduksi,fungsi sosialisasi dan pendidikan,fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.” Kita sebagai orang tua harus berusaha agar bisa menerapkan 8 fungsi keluarga guna membantu pembentukan karakter anak sehingga memiliki kepribadian yang matang ” ujarnya.

Adapun Implementasi 8 fungsi keluarga secara konsisten akan dapat mewujudkan sebuah keluarga yang berkualitas.

Pembahasan materi yang kedua oleh bu Nur Azizah selaku kepala sekolah TK/yang membidangi pendidikan;beliau memaparkan Tugas dan mekanisme kegiatan pokja kampung KB yakni perihal Hakikat kampung KB dan Mekanisme kegiatan pokja yang didalamnya memuat evaluasi kegiatan,perencanaan program yang di usulkan masing-masing seksi dan membahas program masing-masing seksi.

galeri pokja kampung KB 2

galeri pokja kampung kampung KB 3

Tujuan dengan adanya kampung KB diharapkan akan muncul keluarga-keluarga yang berkualitas yang menghasilkan generasi-generasi cemerlang yang berguna bagi masa depan bangsa.

 

 

Sosialisasi peningkatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga(KKBPK) di Kampung KB Desa Pagejugan

Pagejugan-Brebes Dalam rangka peningkatan program Kependudukan Keluaraga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilaksanakan di kampung KB tepatnya di RW 02 di rumah salah satu kader pada hari Jum’at (28/6) di hadiri oleh Bidan desa, Bidan dari puskesmas Brebes, PLKB ,Kepala desa Pagejugan beserta beberapa perangkatnya yang ikut serta dalam acara tersebut dan TP PKK beserta kader posyandu.

Dalam forum tersebut membahas beberapa materi hal penting tentang program BKKBN seperti salah satunya mensosialisasikan  pencegahan stunting dengan mengoptimalkan pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan beserta dampaknya.

BKKBN

BKKBN (3)

 

Musdes Hasil Verival BDT Penanganan Fakir Miskin Orang Tidak Mampu 2019

Pagejugan Brebes-Telah di laksanakan Musyawarah Desa pada hari Rabu(26/6) . Acara tersebut dihadiri oleh Kepala desa pagejugan beserta perangkatnya, Ketua BPD beserta anggotanya ,Ketua RT/RW ,Tokoh masyarakat , PCL,Narasumber dari Dinpermades ;Dinsos ,Babinkamtibmas,Babinsa dan unsur masyarakat lain yang terkait.

Dalam forum tersebut membahas penetapan hasil Verival BDT 2019. Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi seluruh peserta musdes menyutujui hasil verval BDT yang ditentukan dan memutuskan Verifikasi dan validasi BDT yang dilaksanak setiap 2 tahun sekali . ” Hasil Verifikasi BDT akan benar-benar valid apabila responden benar-benar jujur sesuai dengan kondisi sebenarnya saat di verifikasi PCL,” ucap Eva Aflakhah,M.pd. Selaku Narasumber dari Kabid Dinsos Brebes.

galeri musdes BDT akhir

galeri bdt mds akhr

Adapun tujuan dari verival BDT yakni agar data benar-benar valid sesuai dengan keadaan responden sebenarnya/tepat sasaran.