Sosialisasi Kader P2M-BG

Pagejugan-Brebes , Pada Hari Rabu,28 Nopember 2018 telah diadakan sosialisasi P2M-BG (Program Terpadu Pemberdayaan Masyarakat yang Bersperktif Gender) Tahun 2018 ,yang bertepatan di aula balai desa pagejugan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kabid Corina Dinpermades, wakil dari camat brebes,  3 desa yang termasuk dalam P2M-BG yang diwakili oleh Kades Pagejugan,Kedunguter dan Kelurahan Pasar batang beserta perwakilan perangkatnya dan tamu undangan.

Dalam forum ini mensosialikan pemberdayaan masyarakat tentang identifikasi dan potensi yang ada di desa masing-masing seperti halnya cara mengatasi kenakalan remaja di zaman sekarang,pencegahan obat-obatan terlarang,mengatasi anak-anak yang menggunakan gadget sehingga berakibat pada integritas anak serta  menurunnya prestasi anak, KDRT yang masih sering terjadi di dalam keluarga,lahan pertanian yang perlu ditindak lanjuti karena banyak tanah yang asin akibat dampak rob dari air laut,kurangnya keamanan di desa yang masih memprihatinkan dan masih banyak hal lainnya yang perlu di perhatikan di desa masing-masing.

Adapun tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut yakni sebagai berikut:

  • meningkatkan kualitas keluarga
  • meningkatkan pendidikan
  • meningkatkan status kedudukan perempuan dalam keluarga
  • meningkatkan kapasitas sumber daya masyarakat
  • dll.

20181128_093242

20181128_093318

 

 

Validasi data raskin dan pembuatan kartu BPNT

Pada hari kamis,22 Nopember 2018 telah dilaksanakan validasi data raskin dan pembuatan kartu BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di kantor desa pagejugan. Pada acara tersebut di hadiri oleh TKSK/Pendamping desa serta warga desa pagejugan yang sudah termasuk dalam daftar BDT ,dengan melampirkan syarat -syarat yang telah ditentukan.

Dalam hal ini BPNT diadakan agar dapat meringankan pangan masyarakat desa pagejugan, khususnyan bagi warga yang kurang mampu.

IMG-20181126-WA0004

Pertemuan Rutin PKK RT Desa Pagejugan

Setiap hari selasa ke -3 pertemuan pkk rt sekaligus arisan  di laksanakan setiap bulan sekali. Acara ini di hadiri oleh bu lurah selaku ketua tim penggerak pkk desa pagejugan beserta ibu-ibu yang ada di lingkungan sekitar, pada kesempatan kali ini bertepatan di rumah ibu tarisi.

Dalam pertemuan ini mengulas sedikit tentang kebersihan lingkungan dikarenakan saat ini musim penghujan sudah tiba.” Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing seperti menguras genangan air di rumah, drainase/saluran air yang ada di pinggir jalan , serta membersihkan sampah-sampah di sekitar lingkungan”Kata Bu Lurah Triningsih.

Dengan kita saling menjaga kebersihan lingkungan sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang keluarga kita dan terciptanya lingkungan yang sehat dan asri.

20181113_164356

 

 

Pembinaan dan evaluasi 10 program pokok pkk desa binaan

Pagejugan-Brebes, Rabu,5 September 2018 telah dilaksanakan pembinaan dan evaluasi 10 program pokok pkk desa binaan (desa pagejugan,desa tengki ) dan lomba hari kesatuan gerak pkk tingkat kab.brebes tahun 2018 di kantor desa pagejugan. Acara ini di hadiri oleh tim penggerak pkk kabupaten,kecamatan,ds pagejugan,ds tengki ,muspika, serta tamu undangan.

Dalam acara ini di awali oleh grup calung yang membawakan beberapa lagu untuk menyambut para hadirin.

Dalam hal ini akan di laksanakan penilaian laporan 10 program pokok pkk  desa binaan yang dipandu oleh tim penilai kabupaten. Yang meliputi IV POKJA : POKJA I terdiri dari 4 anggota kader membahas mengenai pola asuh lansia,remaja,narkoba,kerja bakti dan pengajian ; POKJA II terdiri dari 4 anggota kader  membahas P2KP,pendidikan,perpus dan keterampilan ; POKJA III terdiri dari 5 anggota kader membahas perihal pangan,sandang,hatinya pkk dan tata laksana rumah tangga ; POKJA IV terdiri 4 anggota kader membahas perihal BKB (Bina Keluarga Balita),BKL(Bina Keluarga Lansia),BKR(Bina Keluarga Remaja).

Tujuan dari pembinaan dan evaluasi tersebut agar sportif gerakan pkk menjadi lebih baik .

20180905_094715

20180905_100117

20180905_111139